Posted by: greensand | November 13, 2007

Memilih Bidang Keahlian di Jurusan Informatika

Hidup adalah pilihan! sebuah motto yang pernah masuk dalam daftar prinsip hidup jaman mahasiswaku, DULU… Karena kenyataannya dalam hidup kita harus memilih, dan setiap pilihan membawa masing – masing konsekuensinya. Contoh sederhana, hari senin jam 06.00 ada pilihan kita mandi apa enggak, kalo kita mandi konsekuensinya harus segera bangun dan antri mandi di km kos, kalo nggak mau mandi konsekuensinya nanti kalo kita jam 7 baru bangun air di km habis ato tinggal sedikit en bisa2 kita telat kuliah. dan sebagainya… terus kita akan menemukan pilihan2.

Di kuliah, juga sama. Kalo kita di jurusan Informatika, ada masa kita lakukan penjurusan/spesialisasi Bidang Keahlian. Sebagai rujukan, di sini aku tampilkan saja Bidang Keahlian di Informatika ITS.

Dengan adanya pilihan tersebut, mahasiswa harus menentukan pilihan, aku yakin di antara para mahasiswa sudah banyak yang bisa memilih, karena memang sudah memiliki cita-cita dan target ketika memilih untuk kuliah di Informatika. Namun masih ada juga yang belum bisa menentukan pilihan karena satu dan lain hal. Namun bagi yang belum bisa menentukan pilihan, masih ada waktu untuk merenung, berpikir, dan memilih Bidang Keahlian yang sesuai dengan yang dicita-citakan. Kalo belum ada cita-cita, Bagaimana?? Ya pilih yang memungkinkan kamu bisa sukses dengan Bidang Keahlian tersebut. Bagaimana?

Ada beberapa langkah;

  1. Siapkan Hati
  2. Kenali dirimu (Penting)
  3. Kenali Bidang Keahlian yang akan kamu pilih
  4. Lakukan Komparasi dan tentukan pilihan
  5. Just Do It!

Menyiapkan Hati

Hati...Menyiapkan hati sangat penting, karena hatilah yang nanti akan mengontrol kita dalam menghadapi segala konsekuensi dari setiap pilihan yang kita ambil. Karena di sana kita akan membutuhkan semangat, istiqomah, sehingga tidak akan mundur kita pilihan kita sudah kita tentukan, tidak mundur ketika suatu saat ada konsekuensi yang tidak mengenakan diri kita, tidak akan mundur hingga kita menyelesaikan tanggungan, tugas, pekerjaan apa yang menjadi pilihan kita.Kesiapan hati, adalah modal awal untuk mengambil sebuah pilihan, sehingga mantabkan hati, pastikan hati tetap bersemangat, istiqomah hingga nanti segala pilihan kita tuntas kita kerjakan. Sebagai awal persiapan hati, NIAT’kan akan memilih sebuah pilihan dengan segala konsekuensinya, dan akan melaksanakannya hingga tuntas.

Mengenali Diri dan Bidang Keahlian

SWOTSetelah hati telah siap, berikutnya adalah mengenali diri sendiri dan bidang keahlian yang akan menjadi pilihan kita. Kita bisa laksanakan SWOT ANALYSIS kepada diri sendiri, kita dapat mengerti diri kita dengan lebih baik sehingga kita daftar memberikan daftar tentang kelebihan, kekurangan kita. Dapat mengetahui kesempatan apa saja yang kita miliki, serta potensi hambatan yang nantinya akan kita hadapi. Kemudian kita akan bisa menentukan langkah – langkah, bagaimana memaksimalkan kelebihan kita, mengurangi kelemahan kita, mengoptimalkan dan memanfaatkan setiap kesempatan yang kita miliki, serta menangkal dan mengatasi segala hambatan yang muncul nantinya.

Hal yang sama juga kita lakukan terhadap bidang keahlian yang akan menjadi pilihan kita, sehingga kita bisa lebih mengenal, dan mengetahui prospek ke depan bidang minat kita tersebut serta yang terpenting adalah mengetahui kesesuaian bidang keahlian dengan kita, serta prospek kesuksesan kita menjalani bidang keahlian tersebut.

Melakukan Komparasi dan Menentukan Pilihan

Ketika kita sudah mengenal diri sendiri, mengenal bidang keahlian yang menjadi pilihan kita, kesesuaian antara diri sendiri dan bidang keahlian, serta prospek kesuksesan menjalani bidang keahlian pilihan kita. Maka saatnya kita komparasikan sesuai dengan skala prioritas. Prioritaskan pada kesesuaian bidang keahlian dengan kondisi diri kita, karena jika ini sesuai dengan diri kita otomatis kita akan senang dan lebih semangat menjalani. Jika nilai kesesuaian kurang, maka prioritas berikutnya adalah melihat nilai kemungkinan kita berhasil, semakin tinggi maka akan semakin baik. Jika hal ini masih belum cukup, pilih sesuai dengan keinginan terbesar anda.

INGAT, setelah memilih apapun pilihannya, jangan lupa untuk melaksanakan hasil dari langkah kedua dan ketiga. Yaitu memaksimalkan kelebihan kita, mengurangi kelemahan kita, mengoptimalkan dan memanfaatkan setiap kesempatan yang kita miliki, serta menangkal dan mengatasi segala hambatan yang muncul nantinya. Kalo di bidang pemrogaman kita bagus dan advance maka tambah lagi dengan hal lain seperti meningkatkan kemampuan analisa, belajar teknik pemrograman terbaru dan sebagainya. Jika kita lemah dalam berbahasa Inggris, segera ambil kursus dan membiasakan membaca bacaan bahasa inggris, dan sebagainya.

JUST DO IT!

Langkah terakhir, jalanin saja! Nikmati tantangan yang timbul dengan gembira, dan selesaikan dengan segenap kemampuan. SUKSES adalah ketika kita mengerjakan segala sesuatu sampai selesai.

Semoga Bermanfaat…


Responses

  1. hidup RPL, yang penting semangat, cayo…..

  2. lha masalah nya too saya too bingung pak, saya too g expert sama sekali, jaringan xxx, RPL… hancur, desain… apalagi !!! trus gynana donk pak???POSIIIINK

  3. Sum 41 : Tetap Semangat!

    Irvan_Milanisti : Ndak usah BINGUNG, bikin saja leveling menurut kamu dari yang termudah sampe yang paling sulit. Kalo semua satu level menurut kamu (Level Hardest semua :P) Sekarang saatnya kamu mengurai kelemahan kamu di masing2 bidang. MILIH bidangnya, ngikut teman yang paling kamu percayai ato kamu milih yang kamu sukai. Dengan ngeliat kelemahan2 kamu di bidang yang kamu pilih, sekarang kamu ASAH BELATI! Kelemahan2 itu harus diatasi.

    Caranya :
    1. Cari orang yang bisa bantu kamu, misale cari yang expert, cari les atawa kursus, dll.
    2. Pelajari semua yang kemampuan yang jadi kelemahan kamu itu sampe bisa.(Naruto ajah dulu nggak bisa Kage Bunshin, skrg malah bisa TAJU KAGE BUNSHIN hehehehe…)
    3. Jalani pilihan kamu dengan ENJOY! (Maksute bukan dengan santai2 ajah, tapi menjalani dengan sepenuh hati dan usaha tentunya)
    4. Tuntaskan!
    5. Tetap SEMANGAT!

  4. Hidup itu adalah pilihan , dengan pilihan kita bisa hidup. HIDUP struktur data !!!

  5. Wagiso : Co, memory masa lalu😛 ahiks, sido traktir wong sak jurusan??? huehuehuehue.

    Buat Mahasiswa saya, jurusan yang tak maksud beda loh ma jurusan di kampus kita.😀

  6. Hiahahahahahahahahahahaha
    Saiki malah kerjoane urusan struktur data, basis data sampek mblenger gak enek enteke.
    La kok ente mengikuti jejake rangsang !!! Jrot tanggal 16 desember iki yoh neng bojonegoro.
    Ngajarmu neng ndie pak ? UPN tah ?

  7. Wagiso : Lah garapanku yo basis data jeh! utek2 Ms SQL karo Oracle ngancani Pethil nang papua. Btw, aku malah nggak ngerti jejake rangsang *tolah toleh*. Nang Bojonegoro po Babat?? wah endi kie sing bener beritae, lak tgl 16’e sih podo… Budhal yo, aku nebeng!

    Ngajar nang Malang, UMM.

  8. Oke pak makasih btw spirit caries on nya!!!! tenank aja pak awak pasti bisa kok !!!!suwon

  9. pak dadang yang suanguat kami hormati dan kami cintai…
    ada masalh ni pak…
    ya masih nyagkut masalah penjurusan juga…
    bukan kabar burung lagi kalau semua jurusan di ikutkan kurikulum “jeni”, nah…apakah itu gak sama aja dengan menjuruskan semua mahasiswa pada programing, terutama java ya embel2 dari jeni itu sendiri….
    bukannya malah menyulitkan pilihan mahasiswa (maaf) yang script-weaker(lemah dalam hal programing)?
    baik design dan jaringan semua memakai java(rpl tidak saya sebutkan ,karena memang rpl itu menyangkut programing)…
    nah…kalo gitu gimana pak?
    thanks a lot……
    dengarkan suara hati kami pak…
    cieeeeeeeee

  10. @zeeo

    Makasih udah dikasih kepercayaan dan cintanya… love u too.

    Begini, kalo saya melihat fenomena semua diikutkan JENI, menurut saya ini adalah langkah yang sangat bagus untuk memberi BEKAL, khususnya pada yang memiliki kemampuan programming kurang… (itung-2 MENGASAH BELATI lah… biar tajam kalo bikin program, karena informatika dan dunia IT nggak jauh2 dari program. Misalnya jaringan komputer, Protokol jaringan kan program juga) dan TIDAK BERARTI MENJURUSKAN semua mahasiswa ke pemrogramman.

    Jadi, bagaimana menghadapinya, hadapi dengan gembira, karena dengan JENI kamu akan lebih mampu dalam bidang programming, disamping itu jangan lupa asah yang lain spt KEMAMPUAN BELAJAR CEPAT, JARINGAN KOMPUTER, RPL, MULTIMEDIA, AI, DATABASE… semakin lengkap bekalnya kan akan semakin siap menghadapi BADAI KEHIDUPAN.

    Akhir Kata, GANBATTE…

  11. thanks banget supportnya pak….
    ngomong2 jeni tu anak mana ya?cakep gak pak?
    hahaha….
    ya….. we wish it come true…
    so IT come be truely IT…
    amiiiiiiiiiiiiiiiieen….
    senyum dari jauh..wassalam…tapi entar nongol lagi lho pak…
    bwt sekedar ngeluh

  12. pak…ngasih foto di pjok kanan bawah tu gmn ya pak?

  13. @zeeo

    Lah yang ngasih tau soal JENI kan kamu, jangan2… JENI tuh samaran kamu😛

    di tunggu selalu ke-NONGOL-an nya di sini, jangan bosen2 yah!

    @tron_tone

    gambar kecil itu, kamu daftar dulu/bikin blog trus pasang fotomu sbg foto ID, nah pas ngasih komen pasti langsung muncul deh

  14. semester depan masih ngajar disini pak?

  15. @zeeo

    wah, INSYAALLAH enggak lagi. Nggak enak kalo ntar ngajar tapi jarang2 masuk. Absen semester ini lebih dari 50% off dari kampus… gawat kan. ntar kalo gini terus bisa turun kualitas pendidikan INDONESIA.

  16. kalo bapak tetep ngajar INSYAALLAH saya juga akan ambil RPL…
    cz seneng ma software managing…berhubung bkn bpk lagi yang ngajar..(ya bukan terpaksa c)ya saya ke Design, ni bukan sekedar pelarian (karena kecewa), tapi saya juga demen banget ma Art…
    kata Guru saya, senangi dulu pengajarnya sebelum kamu senangi pelajarannya(bener gak ya?)….jadi ya gitulah….
    Go a head for indonesian education!!!!!!!!!!!!!

  17. cd gratis ubuntu neh.. https://shipit.ubuntu.com

  18. Hosting Gratis feature php, mysql, cpanel 250mb
    http://www.000webhost.com

  19. @aem

    Matur suwun banget, atas link-linknya. sangat bermanfaat dan semoga yang lain bisa memanfaatkannya….

    BRAVO!!

  20. ok…deh..informatika emang membuka wahana baru dan perangsang paling baik buat otak kita

  21. link nya broken!!!

    http://www.if.its.ac.id/datatext.php?idmenu=6

  22. mau kul
    Tp bngng ambl jrzn
    Mau ambl infrmtk
    Tp lm tau tntng infrmtk
    Tp ht udh mntp ambl infrmtk
    Tyz gmn dng!

    • cari tau dengan jarimu (kaya iklan ae!) maksutnya liat2 di website jurusan informatika, baca kurikulumnya, cari tau ttg mata kuliahnya, trs tugas2nya, cari tau juga lowongan yang nyari lulusan informatika, liat syaratnya apa ajah, kalo kamu kuliah di sana kamu harus bisa mumpuni di situ.

      oiyah, karena udah mahasiswa, belajarnya lebih banyak mandiri loh, kira2 dengan mata kuliah spt itu, keahlian yang kudu dikuasai macam2 mulai pemrograman, database, jaringan, operating sistem, dan masih banyak yang lain, siapkan dirimu??

      kalo siap, punya mental baja, tidak mudah menyerah, dan bukan tipe orang yang cari enaknya saja… welcome to Informatics World!

  23. Oke bnget infonya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: