Posted by: greensand | December 7, 2007

Buat DFD pake Visio, Sapa Takut ??

Tulisan yang sedikit ini, dibuat berdasarkan banyaknya keluhan😛 tentang betapa susahnya membuat DFD pake Visio, saking susahnya (kata yang mengeluh…) sampe – sampe semester mo abis masih lom bikin DFD yang notabene adalah tugas sebelum UTS. Duh sedih hatiku mengingat hak itu, pingin nangis tapi kok maluw😛

Aku buka aplikasi Visio, trus :

  1. pilih menu File->New->Sowftware->Data Flow Model Diagram
  2. drag n drop gambar proses, entitas yang ada di frame sebelah kiri kemudian melabeli dengan nama proses en entitas tersebut.
  3. kemudian drag n drop lagi data flow, kemudian menghubungkan antara entitas dan proses. kalo udah nyambung baru tak kasih nama data yang dialirkan.
  4. untuk decompose proses, aku klik proses yang aku ingin decompose, trus klik kanan-> Go To Detail Page.
  5. muncul jendela add-on, yang ngasih peringatan “No detail page exists. Whould you like a new detail page?” aku klik yes.
  6. muncul page baru, dengan gambar entitas, dan data flow yang berhubungan dengan proses tadi… selanjutnya ulangi kembali no 2. dan seterusnya.

Mudah kan??? Coba deh kalo gak percaya😛


Responses

  1. pak..mau nanya tapi kok gak ada kolom yang tepat ya…
    pak supaya blog atau tulisan atau website kita bisa ada di google tu gmn ya?
    thanks pak…maklum starting blogger..hehehe

  2. @zeeo

    untuk langkah2 spesifik, lom pernah nyoba sih, cuman pas saya bikin pake wordpress ini, ada pemasangan kata kunci. misalnya pas bikin postingan tentang kaos naruto, kata kunci yang saya gunakan, kaos naruto, kaos anime, naruto. plus…
    di artikel yang kita tulis tuh banyak kata kunci itu yang kita ulang-ulang… hasilnya! pas searching kaos naruto di google, eh nomor urutan ke dua. hehehe. Untuk langkah2 khusunya, nanti saya coba tanya om GOOGLE deh.

    en, welcome to blogger community yah!

  3. welcome back…hehehe…tetep disini yo pak rujukan saya(setelah Om google…hehehe)

  4. yupss.. aku selalu pake visio kalo bikin DFD, ERD, dan sebangsanya😀 abiss piece of cakes!!!
    salam….

  5. kalo di visio 2003 trus di shape process kita klik kanan, maka, hooopplaaa… nggak ada tuh “add detail page” atau “goto detail page” ???


Leave a Reply

Categories

