Posted by: greensand | February 14, 2008

Nilai Jelek = Protes dari Mahasiswa

Mungkin pengalaman ini pernah dialamin sapa ajah yang terjun di dunia pendidikan, terutama dosen ato guru. Setiap ada nilai jelek ada hujan protes, permintaan buat perbaikan nilai dan sebagainya. Cape yah… dan AKU MENGALAMI NYA….๐Ÿ˜€

Berawal dari semester ini, dengan tekat bulat ingin mengabdi, sebagai persiapan aku dah nyiapin materi2 yang dulu pernah aku terima dari kuliah, beberapa materi dari net plus beberapa dari pengalaman pribadi selama kerja di bidang IT. Begitu hari pertama, bermacam aturan aku berikan, yah sebagai pedoman ajah. Terutama untuk mengatasimasalah krusial di akhir cerita (baca akhir semster).

Apa daya, seminggu kemudian muncul perintah dari kantor untuk menangani dua proyek, satu di surabaya, satunya lagi di papua. Hayah!… Tambah ribet, 7 hari seminggu seakan nggak cukup. 2 Hari di malang, Rabu – Sabtu di kantor… lom lagi persiapan project luar pulau, wah otak terperas… Bingung! Akhirnya dengan susah payah, berusaha tetep masuk ngajar. Sambil minta ijin, dan meminta dosen pengganti… apa daya setelah di OK, kan siap2 berangkat ke papua.

Begitu pulang, ternyata… dosen pengganti lom ada, nangis hwaaaaaaaa… akhirnya tetep ngajar jurga. Dengan kondisi kosan di malang dah dicabut, so kalo di malang berharap ada tempat sohib yang bisa dipake tempat numpang merebahkan badan, syukur bisa sarapan *PEACE*

UAS, Demo tugas, meski nggak 100% jalan but masih dalam trek yang direncanakan! Lancar?? ouu lancar sekali, meskipun ada yang sudah mo demo final lom tau kelompok berapa :)) Hayo yang kaya gitu ngaku…! Lom lagi yang membelot dari aturan… 1 kelompok nggak boleh cewek semua, masih ada ajah yang nekadz! Masalah kelompok yang bermasalah… duh tujuan berkelompok biar terhindar dari masalah, malah jadi masalah. Yang nggak kompaklah… gimana sih, Mhsw harusnya dewasa menyelesaikan masalah kelompoknya… bukan malah bikin kelompok baru dan mengamputasi anggota kelompoknya yang… mbeler .

Kemudian tiba akhirnya pada saat ngitung nilai, 2 hari 2 malam koreksi dan melihat hasil tugas… duh Astagfirullah… bingung, 70% banyak yang nggak sesuai harapan *sorry rek terus terang ae yah* Untung UAS’nya banyak yang bagus en ada yang menembus angka 90 HORE!!! 1 Malam ngitung nilai berdasarkan formula, hasilnnya… Innalillahi wainailaihi roji’un. Utak atik lagi nilai Tugas, agar terkatrol masih lom cukup, mo utak atik nilai demo, jangan ah… akhirnya nilai kuis deh korban utak atik. Akhirnya yah lumayaaan…๐Ÿ™‚ Nilai UTS, UAS, dan Demo (dibuat simple sajah) nggak akan aku utak atik lagi. Beres, Nilai aku kirim! Selesai???

TIdak…, hasil nilai ditampilkan oleh pihak universitas, dan gelombang protes mulai masuk, satu, dua, (nyanyi dulu : ‘tlah kuduga, semua terjadi, tlah kukira … kau protes lagi… *yang gak tau lagunya, berarti lom cukup umur*). Sebagai koreksi nilai, nggak mungkin donk dikereksi hanya karena protes? apalagi dikoreksi karena yang protes cantik huhuhuhuhu… Aku cek lagi di form nilai akhir, ternyata memang ada nilai2 dipersimpangan, kalo dibulatin ke atas banyak yang bisa naik satu grade, nggak peduli dari C ke C+, C+ ke B dan sebagainya. Beres revisi nilai, kirim! Ini dah lama banget, so yang protes2 – 3 hari kmaren nggak valid protesnya!

Hari ini ada yang ngabarin kalo… nilainya sudah di update, setelah sempat nggak diupdate oleh pihak yang berwenang dengan alasan nilai yang sudah masuk MAA gak bisa diupdate lagi, nah loh! Untungnya bisa diupdate, akhirnya. Adakah yang protes ngabarin tentang update nilai yang diperolehnya…, hanya satu๐Ÿ˜› Lainnya udah sorak sorai, dan berpesta dengan diri sendiri, puwaaaaasss… *no offence yah*

Arrrgggh… tulisan ini sempat ilang kmaren, ini poin pentingnya. Protes nilai itu wajar dilakukan apabila nilai jelek! WAJAR karena ya namanya juga berusaha, ya nggak. Tapi jangan protes ke dosen ajah! Proteslah dirimu, knapa terlambat ngumpulin tugas, kenapa sampe ada anggota kelompok yang nggak aktif ngerjain tugas besar dan sebagainya!

Memang, sangat banyak kekurangan saya dalam ngajar, namun kalo misale UTS dan UAS nilainya kecil sungguh saya nggak bisa membayangkan, kok bisa?? Gak pas ya contekannya??

Ah udah ah, yang penting sekarang udah bisa FUN… Nilai udah update, so yang ngerasa masih kurang silahkan PROTES, Sapa takut๐Ÿ™‚


Responses

  1. hehehehe…. jadi gak enak banget neh… pernah protes juga seh… aduh…

  2. He he saya hanya bilang suwoon pak…

  3. ^^

    Huehuehuehuehuehue….๐Ÿ™‚

  4. serem banget deh…..mank nilai penting yah

  5. interesting homour, wonderful

  6. huhu..ini ya perasaan pak dosen…
    lagi browsing cari tips n trik buat protes nilai biar dikatrol akhirnya malah buka blog ini..
    huhu…
    akhirnya jadi tau juga kalo pak dosen banyak masalah juga..
    tapi aku rada ga terima..
    ada satu pelajaran di kampus …
    aku yang bikin konsepnya..
    aktif di kelas..
    persentasi keren..
    jawaban ujian komplet bangett..
    dan cuma dapet B..
    huaaa!!!!
    tau gitu mending aku tinggalin aja tu kelas buat ikutan karantina majalah (waktu itu ga jadi ikut karantina gara2 mau persentasi buat pelajaran ini)
    huaaa..
    maaf saya cuma curhat…

    • He he…, gpp saya juga pernah jadi mahasiswa jadi skrg dah tau rasanya jadi mahasiswa yang nilainya nggak memuaskan, dan bagaimana susahnya memberikan nilai yang adil seadil2nya. Btw, Pa Khabar Chemarang??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: