Posted by: greensand | April 19, 2008

Kemarin, To the Next Surabaya Utara part 2

setelah tau kampus Unijoyo, mobil sempat masuk ke dalam lingkungan kampus. Begitu masuk, langsung belok kanan.

Mau muterin kampus, dulu biar tau, ada apa ajah di sini. Santai saja masih banyak waktu…

Ya, nurutin Mr. Halim so kita mo muterin kampus dengan melalui jalan yang ke kanan, tapi apa daya. Mentok di 100 meter pertama karena langsung buntu dan di depan cuman ada parkir motor, akhirnya mundur dikit trus putar haluan. Lurus melewati Kantor Pusat Unijoyo, lurus kemudian nemu percabangan, tapi di tutup ma sebatang kayu, kita lurus eh nggak sampe  50 meter jalannya jadi jalan kecil setengah jadi.

Sekali lagi sodara, ketemu kebo…

Ya sudah, kita akhirnya muter. Sambil muter nanya ke mahasiswa yang lagi cangkrukan. Nanyain di mana Kantor Fakultas Teknik? Ya elah dia malah bingung. Dalam hati ini mahasiswa bukan?? untung di belakangnya ada temannya yang respon dan ngasih tau kalo Fakultas Teknik ada di belakang, tapi kalo ke sana harus jalan kaki. Weks!

Sebenare sama kampus UMM, parkir di depan trs jalan kaki ke gedung GKB. Cuman kalo di UMM kendaraan masih boleh masuk kan, walaupun terbatas dosen, karyawan. Kalo di sini semua harus jalan, tanpa kecuali🙂

Oke deh, sementara puwas dulu, kita lanjutin ke Bangkalan, alasannya sederhana, pingin tau Kota Bangkalan, kaya apa sih???

Perjalanan ke Bangkalan mayan mudah lurussss ajah. trus nemu jalan kembar trus ada lampu setopan, kalo lurus ke kota kalo ke kanan ke Sumenep. Jalan lurus deh akhirnya, sampe kita nemu semacam alun2 jl Kh. Cholil? ya seingatku itu.

Hari itu, jam 11.00. Di sini lebih sering ketemu orang berseragam PNS, baik itu pegawai pemda, guru. Ketemu di stopan, di jalan, banyak dengan beragam aktifitas. Banyak, mungkin ya org di sana sedikit nggak sebanyak di surabaya, trs itu di pusat kota yang banyak kantor2 pemerintahnya, jam 11.00 waktunya makan siang kali yah. hehehehe.

Akhirnya kita puter balik, nyari panganan khas Madura. Pertama ketemu, Pecel Blitar,.. Soto Madura, Gule Kambing, yah masih standart di surabaya banyak. Tiba-tiba di kiri jalan ada pusat oleh-oleh. Berhenti di situ, kita turun. Yah aku inget panganan yang dibawain temanku Bakhir, yang asli Sumenep jaman kos dulu, kacang lorjuk, otok, ternyata memang ada. Panganan lain, ehm krupuk ikan, teripang ah sama ma di kenjeran. Aku cuman ambil lorjuk, kacang lorjuk dan Otto ajah, yang udah tau rasanya enak.

Sambil nunggu Mr. Halim milih2 oleh-oleh, aku liat etalase di depan. Isinya jamu – jamu tradisional yang di kemas dalam guci2 kecil. Bagus sih gucinya. Tulisannya,  macam – macam. Ramuan Sari Rapet, Empot – empot, Tongkat ali… (masak ini termasuk oleh2???) Aku jadi ingat waktu dulu kerja di Malang. My bos dan stafnya ke Pamekasan dalam rangka sebuah proyek, walaupun hanya penagihan pada saat itu. Mereka pulang sambil membawa oleh – oleh. Sayangnya aku nggak kebagian. Nah pas ada saat diskusi santai, Komisaris ma direktur yang sempat beli oleh2 itu saling bertukar cerita ttg khasiat oleh2 dari madura.

Atos koyo tugu, mantabs…

Itu, cerita Direkturku yang diamini ma Bapak komisaris sambil ketawa2. Yah aku tau lah maksutnya apa. Satu lagi yang aku ingat, Komisarisku punya istri orang madura, dan Direkturku tau. Dia nasehatin aku di depan pak Komisaris,

Mas, tak kasih tau sampeyan. Kalo cari istri mending orang madura mas. Ibarate kita bikin teh, yang ngudek bukan sendoknya, tapi cangkir’e yang ngedek, lak ngoten to pak ‘komisaris’??

Sekali lagi, dengan wajah memerah, komisaris cuman mengangguk mengamini.

Keliatan Mr. Halim sedang membayar di kasir, membuyarkan ingatan2 dulu. Lanjut, waktunya cari makan. Kita putuskan cari depot yang agak besar. Nemu Restoran Ramayana di jalan Sukarno Hatta no 6, Bangkalan. Sampai di sana parkiran penuh, wah bagus nih, restoran rame pasti enak nih. Kendaraan kita akhirnya parir di pinggir jalan, tanpa ada pemandu parkir seperti di surabaya.

Kita berjalan beriringan, sampe di halaman terdengar suara pemandu acara, busyet ini sih namanya restoran di booking buat acara, bukan lagi rame. Tapi karena dorongan lapar kita langsung ke tempat yang seperti gubuk kecil itu.

Melewati orang2 berseragam, warna kuning (siyal sama ma kemejaku), bedanya mereka ada tanda pengenal BRI. Sambil ngelirik ke arah panggung, ruangan yang kursinya dipinggirin sehingga ada space buat majang motor2 merk Yamaha, kemudian ada organ tunggal, penyanyi, ada LCD proyektor dan beberapa panitia di depan.

Akhirnya jadi tau deh, ini acara pengundian hadiah SIMPEDES BRI. Lumayan makan, dapat hiburan gratis.

Keinginan mendapatkan kuliner yang khas, akhirnya cuman memeberi kecewa saja. Tidak ada makanan khas Madura, menu yang tersedia, Ayam Goreng/Bakar, Gurami Goreng/Bakar, Penyet Tahu, Tempe, Telor, Empal, Nasi Goreng, begitu juga dengan minuman. Mana waiting timenya juga lama…. aduh makin keroncongan.

Sambil nunggu ngeliat penyanyi, dengan goyangnya nyanyi lagunya Farid Harja “Karmila”. EH, di sini juga ada saweran, bos bos BRI keliatan berlomba ngasih saweran, para penontonnya sorak sorai ketika ada Pak Siapa maju memberi saweran, dan selalu begitu. Padahal pengunjung juga kebanyakan berbusana muslim loh, tapi enjoy juga dengan goyang aduhai.

Akhirnya Datang Juga, makanan pesenan. Karena lapar, cepet abis makanannya. Kemudian sambil megkuti acara pengundian kita sambil mengahbiskan minuman dengan yah enjoy, pelan2. Tak lupa aku amatin lingkungan sekitar. DI bawah restoran ini ternyata adalah sebuah kolam, dengan ikan gede2 di dlamnya. Bahkan lele sebesar paha orang dewasa juga keliatan berenang santai di situ. Bagus sebenarnya, cuman panasnya yang kagak nahan.

capek… kapan2 lanjut deh…


Responses

  1. […] Kebetulan salah satunya adalah pengurus UPT Komputer di sana yang dulu pernah ketemu pada saat perjalanan ke Madura. Dan pembicara, Pak Bukhari Yahya yang ternyata sudah datang. Kemudian satu persatu peserta sudah […]

  2. mang toko oleh2 khas madura d bangkalan namane toko apaan?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: