Posted by: greensand | June 3, 2008

Hantu Mahasiswa yang Namanya Skripsi, Tugas Akhir

Kalo aku sering mendengar keluhan mahasiswa, tentang tugas atau kuliah yang padat, agak kurang respek, karena memang begitulah konsekuensi seorang mahasiswa yang nota bene belajar menjadi pintar. Namun, kalo sudah menyangkut Tugas Akhir atau skripsi, aku masih maklum karena di situlah seorang mahasiswa mulai menerapkan semua ilmu yang dia pelajari. Karena butuh kreatifitas dan ketekunan lebih, nggak jarang Tugas akhir/Skripsi ini menjadi momok, hantu yang menakutkan. Padahal kalo tahu kata kuncinya, hal ini nggak perlu terjadi.

Mau tahu kata kuncinya???

Sebenarnya Tugas Akhir pada tingkatan S1 lebih dititik beratkan pada beberapa hal berikut :

  1. Menemukan masalah
  2. Memahami dan mengerti akan masalah itu
  3. Menemukan jalan keluar atau penyelesaiannya

Dengan kata lain, Tugas Akhir adalah sebuah penelitian untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam menganalisa sebuah permasalahan, dan mencari jalan keluarnya. Sehingga anggapan sebuah Tugas Akhir harus perfect tidak 100% benar.

Dengan kata lain lagi… Meskipun Tugas Akhirnya,hasilnya nggak sesuai yang diharapkan, ASAL mahasiswa tau kenapa hal itu terjadi, maka Tugas Akhirnya bisa saja mendapatkan nilai MAKSIMAL!

Asal jangan disalah artikan trs ngomong,  GPP DEH Tugas Akhir nggak selesai 100%….. itu sih males namanya, tidak menyelesaikan sesuatu sampe tuntas.

Jadi nggak perlu takut menghadapi Tugas Akhir!… Rajin2 cari referensi ajah dari perpustakaan kira2 dibidang apa sih minat kamu untuk bikin TA, cari masalahnya dan mulai analisa…

Masih bingung juga nyari masalah?? HUbungi saya, SANG TROUBLE MAKER… :))


Categories

%d bloggers like this: