Posted by: greensand | August 30, 2008

Full Report : One Day Seminar ‘Oracle : Advanced Replication’

Wujud dari postingan mengenai Seminar Oracle, telah terlaksana dengan diikuti kurang lebih 30 paserta (exclude panitia) bertempat di Gedung Temprina lt. 3 Jawa Pos, Karah Surabaya. Materi seminar mengenai Advanced Replication dibawakan kurang lebih 4 jam oleh pemateri, Bukhari Yahya, ST dari PT. TPS (Terminal Petikemas Surabaya).

Seminar yang diselenggarakan oleh Oracle Coretech Surabaya (OCS), ternyata didukung oleh Oracle Partnernetwork yaitu PT. Metrodata Electronik, Tbk. Terbukti banyaknya souvenir berupa gelas, buku, serta CD produk Oracle. Untuk gelas atau buku terdapat tulisan Metrodata lengkap dengan logo perusahaannya. Jadi melihat support yang diberikan oleh Oracle Indonesia melalui Partnernetworknya, menjadikan semangat untuk lebih giat lagi belajar Oracle melalui media komunitas OCS ini.

Sebelum acara dimulai, pukul 9.30 suasana di gedung Temprina lt. 3 ruang meeting tampak ada 3 orang di sana, ada 2 wakil dari Unijoyo Madura. Kebetulan salah satunya adalah pengurus UPT Komputer di sana yang dulu pernah ketemu pada saat perjalanan ke Madura. Dan pembicara, Pak Bukhari Yahya yang ternyata sudah datang. Kemudian satu persatu peserta sudah datang.

Bukhari Yahya, ST.

Duduk disampingku, Bapak Setijo Agus, yang ternyata seorang yang memberikan materi mengenai Advanced Replication di forum OCS yang telah diujicobakan di perusahaan tempat beliau bekerja. Dan ternyata kantornya juga nggak jauh dari kantorku, seberang jalan pas.

Pukul 10.10 acara dimulai, dengan sambutan teman-teman dari Temprina, sebagai tuan rumah kemudian dilanjutkan pada materi I. Materi pertama ini membahas mengenai pengertian, filosofi Advanced Replication. Di mana Replication ini adalah salah satu fitur di Oracle yang mendukung keamanan, keutuhan data, yang mungkin sama dengan backup, stanby database namun dengan konsep yang berbeda. Mungkin lebih seperti mirroring, tentunya dengan filosofi dan konsep yang berbeda juga. Hehehe… mbulet yah! Maklum dudu pakar’e!

Pembawaan materi yang runut, kadang sedikit melompat-lompat tidak mengurangi antusias peserta untuk bertanya, hingga akhirnya tidak terasa waktu makan siang, jam 12 tiba. Karena harus absen dulu sebelum makan, maka kuputuskan aku sholat dulu, selesai sholat semua sudah hampir selesai menikmati makan, dan aku tanpa harus antri, absen lalu menikmati makan siang yang lumayan, sangat enak untuk harga seminar 25 ribu rupiah. Mantabs nih panitianya! SALUT!

Selesai makan, duduk-duduk ngobrol dengan peserta lain, eh tiba-tiba ada pengumuman cofee break! Walah… 25 rb, dapat materi, makan siang dan cofee break?? oiyah di meja peserta juga ada banyak kue-kue loh. Bener-bener mangtabs… (Kaskuser mode ON).

Materi kedua dimulai pukul 13.15 menit kalo nggak salah. Langsung ke materi kedua yang cenderung lebih pada implementasi dan studi kasus Advanced Replication. Hmm.. materi ini lebih cocok kalo setelah ini ada workshopnya. Mambayangkan saja rasanya sangat kurang, alhasil teman-teman peserta lain kayanya juga sependapat. terbukti hanya beberapa peserta saja yang keliatannya sudah paham dengan hal ini. Dan muncul juga pertanyaan, kapan workshopnya…

Jam 16.00 seluruh materi tuntas dibawakan, meskipun ada banyak pertanyaan mengenai bagaimana implementasinya secara nyata, terutama mengenai Replikasi lintas platform OS, lintas platform processor, os bahkan database… semoga ada workshop atau seminar lagi tentang hal-hal ini.

Peserta dan Panitia Seminar (OCS)

Acara diakhiri dengan foto bersama, peserta dan panitia! Namun belum selesai itu saja, di sela-sela acara pamitan, aku sempat ngobrol dengan Pak Ketua OCS, Mas Ferry yang ternyata masih muda juga! Keren dan salut juga dengan komunitas ini, biar masih muda-muda kaya saya, ternyata orangnya jago-jago dan experd. Ehmm jadi semangaaaaat! Salut buat OCS, dan Oracle Indonesia!


Responses

  1. nggak salah khan ???
    bayar 25000 rp dapat banyak makanannya ………..
    sory puasa kok ngomong makanan, selamat berpuasa bagi yang menjalankan.

    lain kali gantian jadi provokator ocs agar sering mengadakan seminar dan workshop.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: