Posted by: greensand | September 3, 2008

Donat oh Donat…

Sebuah postingan mengenai donat-donat nikmat yang wanginya selalu menggoda setiap nge-Mall…
Anda penggemar donat import? Wait until u read this!!!!

Seorang kawan IT di sebuah perusahaan asing bernama Pak Marsel mengadakan beberapa test yg diambil dari beberapa donut yg berbeda yaitu donut Jco, Dunkin, Country style, fresco, qbiq and i-crave. Dari beberapa teman ternyata donuts jco menjadi yg paling laku di pasaran dibanding donut yang lain.. ok mari kita lihat satu persatu..


Donat Jco, dibeli tanggal 26 nov 2007… di kemas dalam plastik dan dibiarkan, hasilnya sampai pada saat foto ini diambil (16 agustus 2008) masih dalam keadaan baik, tidak keras dan sepintas lalu seperti donut baru.. gimana seandainya donut ini berada dalam lambung kita.


Selanjutnya kita check dunkin donuts.. 26 nov 2007.. masih dalam keadaan yg lebih baik tapi dia menjadi keras, warna tidak berubah dan tidak berbau.. satu point yg baik yaitu donuts menjadi keras.


Country style.. 19 nov 2007.. nampak masih bagus, warna tdk berubah tetapi berjamur dan donuts menjadi keras.. satu point yg baik ialah donut ini berjamur dan menjadi keras..


Donut Kentang Fresco… donut ini menjadi lumer coklatnya, dan donutnya menajdi sangat lembek dan tidak menarik, good.


Better… itu yg pantas untuk donuts yang satu ini… donut q_biq ini membusuk sebagaimana mustinya makanan basi padahal ia dibeli tanggal 13 june 2008.. layak untuk dikonsumsi lah…


ok untuk The Best donut pilihan blog ini jatuh pada donut i-crave… dia benar2 membusuk… layak untuk dikonsumsi massal.

So… bagaimana kawan2? masih suka begaol di mall sambil makan donuts import? its up to you lah.. n ini bukan sebuah wacana tanpa alasan dgn maksud kepentingan bisnis or menyudutkan secara sepihak, its just a stupid blog n stupid topic…

Sebenarnya percobaan donat saya asal mulanya tidak sengaja. Suatu saat
istri saya membelikan donat Dunkin buat anak saya yang TK. Ditaruh di
meja makan, masih dalam kantong kertas Dunkin, terus lupa dimakan.
Kira-kira seminggu kemudian baru donat ini ‘ditemukan’ lagi.
Yang mengejutkan adalah donatnya masih utuh, tidak berjamur,
glaze/gulanya juga masih cantik, hanya rotinya sedikit lebih keras
meski masih bisa digigit/dikunyah.

Sejak itu tiap kali ada donat gratisan atau dekat-dekat toko donat
saya menyisakan 1/membeli 1 untuk percobaan.

Metoda percobaannya juga sederhana, tidak ilmiah benar:
– donat diambil dari kemasan asli, saya masukkan ke kantong plastik
bekas label Tom & Jerry
– kantong dilipat tidak distaple (udara masih bocor, memberi kesempatan busuk)
– kemudian saya beri label tanggal perolehan donat
– saya biarkan di kabinet kerja saya di ruang terbuka, tidak disimpan
khusus di kulkas
– ruangan kantor pada jam kerja berpendingin, lewat jam kerja, sabtu &
minggu tanpa pendingin ruangan
– sesekali ditengok dan dipotret.

Terlampir foto donat, keadaan terakhir.

Berikut beberapa hal mengejutkan yang saya peroleh, urut berdasarkan awetnya.

  1. Donat JCo, dibeli 26 Nov 2007 sampai sekarang masih empuk dan tidak berjamur.Glaze (taburan gula) di atasnya sudah lumer lama tapi penampilanmasih tetap oke. Kalau saja saya tega memberikan donat ini pada anak jalanan, pastikemakan, wong bentuk dan tekstur masih donat koq.
  2. Donat Dunkin, dibeli 26 Nov 2007 sampai sekarang tidak berjamur dan
    hanya berubah agak keras. Glaze (gula) warna merah jambunya sudah menempel di plastik, tapi rotinya masih empuk membal. Yang berpengalaman makan donat tahu bahwa ini donat sudah beberapa hari, tapi siapa sangka sudah 9 bulan.
  3. Donat Country Style saya peroleh 19 Nov 2007 sampai sekarang tidakberjamur, berubah keras sekali. Glazenya masih tetap cantik tapi karena keras, tidak bisa digigit.
  4. Donat Q-Biq perolehan 13 Jun 2008, rusak glazenya dan muncul jamur
    pada rotinya dalam jangka kurang dari 1 minggu Meskipun masih berbentuk segi 4 (sesuai identitas q-biq) tapi dari penampilan yang rusak dan berjamur, sudah tidak layak makan. Yang mengherankan, meski berjamur, donat ini tidak habis dimakan
    jamurnya (lihat no. 6 di bawah).
  5. Donat iCrave, perolehan 22 Jan 2008, rusak glaze dan rotinya berjamur dalam 2 (atau 3 hari). Selain berjamur, juga timbul bau yang tidak sedap bukti proses pembusukan.
    Beda dengan Q-Biq yang berjamur tapi rotinya masih relatif berbentuk kotak, roti donat iCrave juga mulai hancur meski tidak semuanya hancur.
  6. Donat kentang Fresco, beli 24 Feb 2008, hancur lebur dalam 2 hari. Dalam 1 minggu massa yang tersisa dari donat ini sangat sedikit, plastiknya melepes. Ini donat yang dijual di ITC BSD di kedai kecil-kecil seputar foodcourt. Harganyapun paling murah, kalau tidak salah rp 3000 / buah dan pilihannya cuma 1 macam itu.

Yang belum saya coba karena beberapa alasan (belum ada yang memberi /
tempatnya jauh / belum nemu tokonya) diantaranya donat Krispy Kreme,
donat Jesslyn Cake, American Donut dll dari toko roti lain.

Catatan: saya tidak kenal dengan satupun dengan pemilik/pegawai
diantara merk donat yang saya sebutkan di atas, juga saya tidak punya
masalah/dendam dengan salah satu pemilik merk diatas. Jadi percobaan
ini murni didasari keingintahuan dipicu dari donat Dunkin yang awet
seminggu. Kenyataannya ternyata Dunkin ada temannya, malah ada yang
lebih hebat.

Setiap kali ada penambahan donat, saya buat fotonya + koran Kompas
edisi hari itu, supaya ada bukti. Foto yang saya lampirkan ini adalah
foto terbaru. Sampai saat ini sampel donat ini belum saya buang.

Ada salah seorang teman dari salah satu kontraktor di kantor yang
mengikuti percobaan saya dari awal, dan tertarik juga melihat
kenyataan donat awet ini. Dia memuatnya di
http://veganlion13. blogspot. com/2008/ 08/dognuts. html

Gerai donat iCrave di Pacific Place tempat saya membeli sampel ini
sudah berbulan-bulan tutup. Saya tidak tahu apakah donat merk Fresco
masih ada di ITC. Tapi adalah menyedihkan bahwa donat yang termasuk
bagus (berjamur dengan cepat) ternyata tokonya juga cepat gulung
tikar.

Adakah yang bisa menerangkan kenapa JCo bisa awet empuk begitu?
Pelajaran apa yang bisa ditarik?


Responses

  1. Waaah…bahagianya karena saya suka banget I-Crave, cihuiiiiy ternyata memang dia tak berbahan pengawet yah…. waduuuh makin cinta jadinya, thnks infonya!

  2. wahhhhhhhhh…untunggggggggggggg gak suka jajan donat bermerek..:D

  3. Masa iya seh… Jco seperti itu?…..Pdhl gw suka bgt…..tlg dong Manajement JCo dikonfirmasikan,soal tersebut…

  4. He..he…Dhavina anak gw,sebelum gw dioperasi cesar,gw ngemil Jco dl..Oh….ternyata Jco mengandung byk pengawet…GIMANA TUCH….

  5. walah…untung saya tinggal di kota kecil..gak ada tuh semua merk…dan donat kampung pun tampilannya kurang meyakinkan…syukurlah anak anakku gak suka donat…tapi terima kasih banyak deh infonya…sangat bermanfaat…keep research ya pak buat makanan2 yang lain..kami tunggu updatenya..

  6. Mesin Pembuat Donat atau Donut Fryer yang kami Jual ini adalah Mesin Pembuat sekaligus penggoreng Donat yang sangat praktis dan effisien, Donut Fryer kami sangat higienis mengingat kabinet terbuat dari stainless steel,selain itu dilengkapi oleh thermostat sebagai pengukur suhu.

    Mesin Pembuat Donat kami juga dilengkapi pula oleh konveyer sehingga Mesin Makanan ini dapat membuat Donat sebanyak 400 – 1200 butir Donat per jam, Fryer Donut ini sangat cocok bagi para pemula pengusaha donat.

    Model : D-01
    Spesifikasi :

    Dimensi : 110×55 x 65 cm

    Kapasitas Prod: 400-1200 donat/jam

    Watt : 6000

    Voltage : 380 V

    Berat : 47 Kg
    Harga Mesin Pembuat Donat : Rp. 45.000.000,-

    Salam Sukses

    Samudra Wibowo

    081519220879
    02198621531
    081213957819

    http://restomesin.blogdetik.com/2010/04/12/mesin-pembuat-donat-atau-donut-fryer/

  7. Do you need unlimited articles for your website ?
    I’m sure you spend a lot of time writing content, but you can save
    it for other tasks, just search in google: kelombur’s favorite
    tool


Leave a Reply

Categories

