Posted by: greensand | December 2, 2008

iMulai, I’m coming…

Suatu malam, entah aku lupa hari apa (ntar kalo inget tak update ya), di ruang chatting YM aku ngobrol dengan kakak kelasku dulu di kuliah yang sekarang sedang melanjutkan studi di Malaysia. Bertukar khabar dan berbagi cerita tentang segala hal, hingga pada saat mau pamitan karena sudah ngantuk, dia memberitahu tentang kontes ide cemerlang yang diadakan oleh microsoft, dan sudah masuk ke tahun kedua yaitu iMulai2.

Setelah berpamitan, aku nggak langsung tidur tetapi coba membaca tentang iMulai, Tags yang tertulis disana adalah ‘Ide Cemerlang Jangan Cuma Dipajang’, hmm… seru dan 100% benar nih! Dalam hati aku aku ingin ikut, perasaan ini sama ketika tahun 2003 aku membaca tentang kontes Robot KRI 2004.

Diotakku mulai mikir, duh ngantuknya ilang deh. Kebetulan beberapa bulan ini aku juga sedang mengerjakan beberapa ide usaha seperti:

  1. indorentalsolution, yang konsepnya adalah membantu menyediakan solusi untuk pengusaha/UKM yang ingin memiliki gerai online namun tidak memiliki SDM untuk membangun dan mengelola sebuah website dengan harga yang sangat kompetitif.
  2. weddingmail, sebagai sebuah alternatif dokumentasi pernikahan yang unik dan berkelas dengan harga yang kompetitif. Sekarang udah mulai tahap marketing, pencetakan brosur dan pricing sudah selesai, web site akan segera menyusul.
  3. sms4school, yang sedang aku kembangkan bersama tim yaitu pelayanan monitoring aktifitas di sekolah, sebagai layanan extra sebuah sekolah untuk memberikan informasi kegiatan, dan wahana komunikasi sekolah dan orang tua siswa. Sekarang sedang tahap pengembangan dan mulai masuk ke tahap pemasaran.

Dan masih ada beberapa proyek yang sedang dalam pengembangan juga tapi masih confidential, takut ada yang niru, maklum belum dipatenkan.

Nah sekarang kira2 ide apa yah??? dengan kata kunci solusi bisnis. Karena belum menemukan, aku coba mengontak dan memberitakan kontes ini ke beberapa teman dekat, dan mahasiswa yang mungkin tertarik.

Beberapa hari kemudian, kala ide itu belum juga datang… ada email yang sangat menarik dari seorang teman, Cak Bagus Permadi, yang berbagi konsep tentang ide solusi bisnis untuk iMulai. Secara general konsep ini sudah banyak diimplementasikan, namun sangat terbatas dengan konsep bisnis selling a product dan harganya sangat mahal.

Melihat, bangsa Indonesia yang memiliki potensi besar dalam bidang usaha terutama usaha yang menjadi tulang punggung ekonomi bangsa yaitu UKM, tentunya Cak Bagus Permadi ini sangat pas dan pastinya akan sangat membantu UKM, yang sudah selayaknya mendapatkan perhatian kita semua. Ingat tho, 2010 sudah mulai pasar gombal? eh pasar global! Jangan sampe UKM kalah bersaing dengan usaha dari luar negeri yang masuk ke Indonesia!!!

Setelah bertukar pendapat, akhirnya ide ini mulai kita kerjakan dengan langkah awal pembagian tugas, aku mengkonsep di sisi teknis, sedang di sisi bisnis dan administrasinya dikerjakan oleh Cak Bagus Permadi. Dengan hanya lewat email dan sms’an kita berkomunikasi intens, syukurlah kita memang sejalan, dan kompak, hehehehe!

Tanggal 5 Desember 2008 adalah batas akhir pemasukan proposal, sekarang lagi konsen untuk itu, kepada teman2 dan pembaca yang terhormat, saya dan Cak Bagus Permadi mohon do’a restunya dan mohon do’a agar segala urusan dipermudah dan diberkahi oleh Allah SWT. Amin!


Categories

