Posted by: greensand | December 4, 2008

Di Jalan Gak Disiplin, Salah Orang Tua?

Di jalan raya, yang paling sering di lampu merah, fenomena pengendara motor menerjang marka batas kendaraan harus berhenti, menerobos lampu lalu lintas sadah banyak kita lihat, bahkan kita mungkin salah satu pelakunya. Fenomena lain adalah menerabas marka di jalan, mengendarai kendaraan zigzag, trs nggak pake lampu sein kalo mo belok ato menepi. Nih aku abis mo nabrak mobil pagi ini, sama2 kecepatan 60 km, tiba-tiba mobil di depanku pindah jalur mo menepi sambil ngerem nggak pake sein, gitu kalo aku nabrak pasti aku yang ngeluarin duit buat ngganti kerusakan! (DAMN! Mobilnya sih bagus Harrier, pengemudian mabok! Damn!!). Dari semua ketidak disiplinan itu, jadi bertanya-tanya berawal dari manakah ketidakdisiplinan itu?

Akhirnya aku berpikir, kapan yah kira-kira aku mulai mengenal semua hal termasuk disiplin? Kita belajar tentang semua hal pastinya sejak kita baru dilahirkan, termasuk disiplin. Terus siapa yang mengajari kita, tentu pertama kali adalah orang tua, bukan hanya orang tua kita, tapi semua orang yang lebih dewasa dari kita (lah wong kita bayi, berarti kakak, ayah, ibu, kakek, nenek, tetangga adalah orang tua bagi kita).

Namun ternyata tidak semua orang bisa mengajarkan disiplin, banyak alasan yang terjadi di sana semisal karena terlalu sayang, orang tua cuek, kebiasaan orang tua dan sebagainya. Padahal pendidikan disiplin adalah penting, bukan hanya agar anak nurut kepada orang tua, namun juga demi kebaikan dia sendiri di kelak kemudian hari. Begitu pentingnya sebuah disiplin, ada yang mengatakan

Dalam mendidik dan mengasuh anak, disiplinkan baru berikan kasih sayang! Karena sebenarnya pelajaran disiplin adalah bentuk lain dari kasih sayang itu sendiri.

nannysKalo anda sering liat acara ‘Nanny 911’ dan ‘Super Nanny‘, pasti akan mengerti mengapa pernyataan tersebut di atas ada. Anda akan melihat hal yang pertama kali dilakukan untuk mengatur anak adalah mengenalkan disiplin(biasanya nggak cuman untuk anak, tapi ortu juga), kemudian diajarkan bagaimana menanamkan disiplin. Disiplin tentang aturan rumah yang harus ditegakkan, semisal tidak boleh mengumpat, tidak boleh anarkis, mengerjakan tugas/PR, disiplin menggunakan sendok untuk makan.

Jika disiplin telah diajarkan, ada mekanisme fine and reward, sedari kecil anak akan tau bahwa tindakan mereka selalu membawa konsekuensi, sehingga sedapat mungkin dia tahu dan mematuhi segala aturan yang ada.

Jadi menurutku, kalo kita ingin masyarakat kita juga disiplin, pendidikan adalah jalan utama. Pendidikan sejak dini, tentu saja sebagai orang tua kita harus berubah terlebih dulu sebagai insan yang sadar akan disiplin, baru kita mengajak sekitar kita, keluarga kita, tetangga dan sebagainya.

BTW, kalo ada anak bandel, seenaknya sendiri… alias nggak disiplin, patuh pada peraturan, jelas itu salah orang tua’nya yang nggak memberikan pendidikan tentang disiplin sejak dini, tapi kalo kita bandel, nggak disiplin ato patuh pada aturan, yang salah orang tua kita, generasi di atas kita? Jangan begitu donk, kita kan udah jadi orang tua, ya salah kita sendiri donk kita nggak disiplin, andil orang2 tua kita kan membentuk sikap tidak disiplin sebagai hal yang wajar bagi kita ajah. Hehehe…

Makanya Disiplin donk, agar jadi contoh baik generasi yang akan datang!


Responses

  1. […] Di jalan raya, yang paling sering di lampu merah, fenomena pengendara motor menerjang marka batas kendaraan harus berhenti, menerobos lampu lalu lintas sadah banyak kita lihat, bahkan kita mungkin salah satu pelakunya. Fenomena lain adalah menerabas marka di jalan, mengendarai kendaraan zigzag, trs nggak pake lampu sein kalo mo belok ato menepi. Nih aku abis mo nabrak mobil pagi ini, sama2 kecepatan 60 km, tiba-tiba mobil di depanku pindah jalur mo menepi sambil ngerem nggak pake sein, gitu kalo aku nabrak pasti aku yang ngeluarin duit buat ngganti kerusakan! (DAMN! Mobilnya sih bagus Harrier, pengemudian mabok! Damn!!). Dari semua ketidak disiplinan itu, jadi bertanya-tanya berawal dari manakah ketidakdisiplinan itu? Continued […]


Categories

%d bloggers like this: