Posted by: greensand | December 7, 2008

Hari AIDS, Kondom, dan Tanggung Jawab

Beberapa hari ini gencar sekali iklan2 tentang peringatan hari AIDS! Bahkan di sebuah stasiun televisi yang segmentasi acaranya banyak untuk kalangan muda menggelar sebuah konser khusus untuk memperingati hari AIDS, dengan alih2 menggerakan para muda untuk waspada AIDS, meningkatkan rasa sosial kepada para penyandang AIDS, dan melakukan tindakan bertanggung jawab sehingga tidak tertular AIDS!

Ngomong2 soal tanggung jawab, barusan saja aku liat iklan layanan masyarakat di tivi, aku perhatikan sih udah beberapa kali aku liat iklan ini. Di mana ada seorang wanita sexy, berbalut gaun merah menyala, wajah mirip jupe, yang menolak beberapa laki-laki yang menggodanya, ujung2nya ketemu lelaki baya, agak culun, nyodori duit… lalu berikutnya nyodorin kondom, serta merta si cewek tersenyum lalu meraih kondom itu dan menggandeng lelaki ‘beruntung’ itu. Lalu ada tags “Memakai Kondom dalan hubungan sexual berisiko adalah tindakan bertanggung jawab!

Aih…., enak donk nge-sex pake kondom = bertanggung jawab. Kalo begini bisa2 kita tergoda nih buat nge-sex pake kondom he he he.

Dan peringatan2 serupa juga akan mudah kita temuin di berbagai kampanye, dalam hati mengapa kondom sebagai sarana kampanye anti AIDS? Kenapa nggak ditunjukin bahwa AIDS bisa dihindarkan kalo tidak ada perilaku sex bebas, tukeran alat suntik untuk drugs, penggunaan alat tatto?

Kenapa yang ada adalah konser, yang pengisi acaranya bertingkah sexy, mengundang, hura-hura, berkumpul tidak ada batas antara cowok cewek, bahkan acaranya sampe malam? Dan ujung2nya, bilang kalo dah kebelet pake ajah kondom. Itu tanggung jawab! ADa2 AJah!

Kalo begini, yang namanya sex bebas, prostitusi, dan paling lanjut penyebaran AIDS itu sendiri mana mungkin bisa berhenti?? meskipun kita ‘bertanggung jawab’ pada saat ‘hohohihe’ dengan pasangan2 kita? Ini adalah tanggung jawab semu!!!

Tidak ada cerminan bahwa kita adalah negara yang beradat istiadat ketimuran, negara yang agamis dengan 5 agama dan banyak penganut kepercayaan…

Bagiku pribadi, tidak layak AIDS sebuah penyakit mematikan, yang disebarkan karena pergaulan yang salah dan tidak sesuai norma dan agama diperingati. Dan tidak layak menggunakan kondom disamakan dengan tindakan bertanggung jawab jika untuk melegalisasikan hubungan sex bebas!

Penyadaran masyarakat menurut saya yang lebih penting. Saya setuju bahwa penderita AIDS tidak boleh dikucilkan, oleh karena itu proses edukasi dan komunikasi yang baik bisa lebih efektif mencegah penyebaran virus HIV/AIDS ini. Dan tidak dengan penyebaran kondom gratis secara serampangan di pinggir jalan, yang seakan-akan membiarkan proses pembusukan moral remaja untuk boleh melakukan sex bebas asalkan memakai kondom.

Jadi apa kesimpulannya? Hari AIDS, KOndom dan Tanggung Jawab?? Gak Nyambung Ah! AIDS adalah penyakit, kok diperingati? (ngalahin hari bersejarah ajah…), Kondom alat kontrasepsi yang lebih patut digunakan oleh pasangan sah suami – istri untuk mengatut kelahiran (ini yang bertanggung jawab! biar anaknya nggak banyak2 sehingga ntar terlantar…), kok dibagikan bebas di jalan yang notabene nggak dapat diketahui mana yang udah nikan en belum, kalo yang dapat udah nikah sih gpp, asoy!! kalo yang belum?? hayo nyoba ma sapa??😛 dan tanggung jawab! sebuah bentuk konsekuensi dari perbuatan yang kita kerjakan…

PEACE… Selamat Hari AIDS, buat yang merayakan! … Jangan gunakan kondom untuk mainan, apalagi ‘hohohihe’ bukan dengan pasangan sah’nya… dan jangan lupa setiap perbuatan kita, akan dituntut pertanggung jawaban di hadapan Sang Pencipta!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: