Posted by: greensand | December 7, 2008

Kambing di Tengah Krisis Global

Malam menjelang, gema takbir berkumandang di seisi udara mengagungkan Allah SWT. Besok adalah hari besar untuk umat Islam merayakan hari raya kurban (idul adha). Dan biasanya di saat-saat ini adalah saat yang dinanti oleh seluruh umat, baik yang kaya maupun yang papa, karena besok setelah sholat Ied, ada pesta di mana-mana. Bayangan pesta ini kalo di tempatku terlihat dari keceriaan masyarakat untuk menyambut esok, banyak peternak menjual hewan ternaknya, hingga mendatangkan hewan ternak dari luar kota (kebayang untung gede nih…), trs di lain pihak aku melihat banyak ibu2 yang mulai belanja bumbu2 untuk masakan seperti gulai, sate dan sebagainya. AKu lihat juga sambil iseng orang2 membuat tusuk sate, bener2 sebuah persiapan pesta…. (aku nggak ada persiapan sama sekali nih, cuman ada sendok ma piring, entah esok kebagian apa enggak…)

Dan semua pasti tahu, setiap idul adha ada selebritis dadakan yang muncul di mana-mana, terutama sekarang ini di saat krisis global selebritis ini makin sering kita jumpai di mana-mana. Buat yang penasaran, mari kita sambut selebritis Idul Adha tahun ini, si Mbeeeek!!

Tuh liat, selebritis di sebelah yang menyapa kita semua dengan senyum mbeek’nya yang khas (lom tau kalo besok mokat yah… ).

Si Mbeeek ini, makin menjadi seleb di tengah krisis global ditengarai di beberapa tempat untuk pengumpulan kurban jumlahnya naik dibandingkan di tahun-tahun yang lalu, sedang pesaing dekatnya kini ditengarai jumlahnya menurun, seperti yang terjadi di masjid Istiqlal.

Jumlah yang berkurban sapi semakin turun saja, bahkan orang nomor satu di Indonesia juga mengalami penurunan jumlah kurban sapinya, tahun ini hanya satu ekor, sedangkan beberapa tahun yang lalu saat rezim orde baru berkuasa, orang nomor satu di Indonesia minim berkurban 10 ekor sapi, belum terhitung kambingnya. Sedangkan sekarang menurut di berita, hanya ada 16 ekor sapi di masjid Istiqlal, namun syukur alhamdulillah si Mbeeek jumlahnya makin banyak, meningkat pesat. Sehingga turunnya jumlah kurban ini dapat disimpulkan hanya karena imbas krisis global.

Semoga Idul Adha di tengah badai krisis ini tidak menyurutka makna hakiki dari Hari Raya Kurban ini, dan semoga dapat terlaksana dan semua yang berhak akan mendapatkan haknya. Amin!

Ps. Mbek, lu jangan gaya2 sekarang besok lu bakal jadi….


Categories

%d bloggers like this: