Posted by: greensand | December 8, 2008

URIP KUWI SAMADYA WAE

Teringat saat awal-awal menjadi mahasiswa, begitu semangatnya sehingga pandanganku jadi menerawang sangat jauh ke depan. Berpikir tentang bagaimana hidupku nanti, bagaimana jika begini begitu… banyak pertanyaan tentang masa depan yang saat itu aku bayangkan. Akhirnya pencarianku dimulai dengan membaca buku-buku motivasi diri, manajemen diri yang jika dirangkum isinya akan berkisar pada :

  1. Keharusan mengenali diri sendiri, kelebihan dan kekuatan
  2. Bagaimana mengenali tujuan hidup kita di masa datang, dan melakukan breakdown ke bawah sehingga kita mengetahui secara detil tahapan-tahapan kita mencapai target itu.
  3. Bagaimana menyusun target-target jangka pendek hasil breakdown dari target jangaka panjang kita menjadi sebuah jadwal kegiatan yang harus kita laksanakan.
  4. Keharusan untuk selalu konsisten dengan apa yang kita rancang, dan susun serta selalu melakukan evaluasi…

Meski sangat tidak mudah untuk mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari, percayalah sangat susah… setelah beberapa tahunpun aku masih harus membaca buku-buku tadi agar bisa melaksanakannya.

Berikutnya, ketika aku sudah masuk lab bidang studi, di sana ada kuliah tentang manajemen proyek, Rekayasa Perangkat Lunak, yang menurutku secara filosofis sama dengan keadaanku yang menetukan target di masa datang, tentunya dengan jangka yang lebih pendek yaitu waktu pelaksanaan proyek atau pembangunan sebuah perangkat lunak. Pelajaran untuk menyusun rencana, kegiatan yang harus dilakukan agar target tercapai.

Sedikit tentang target jangka panjang yang aku tulis saat itu, begitu banyak yang ingin aku capai, mulai jadi seorang programmer handal, analis, yang bisa Oracle, MS SQL, Java, PHP, SAP, sampai bermain musik, olah raga dan sebagainya. Mulai saat itu aku berburu buku-buku, ebook yang bisa mendukungku untuk mencapai tujuan itu. Bahkan sampe kemarin… ketika aku bertemu dengan mantan dosenku di kampus.

jawa sederhanaBeliau’nya sekarang sedang melanjutkan studi S3, dan aku ke sana ingin bersilahturahmi sekalian mencari informasi untuk sekolah lagi S2. Beliau mengemukakan tentang filosofi jawa, yang sedikit bertentangan dengan apa yang kupaparkan di atas; yaitu “URIP KUWI SAMADYA WAE” yang artinya hidup itu secukupnya saja.

Beliau ngomong, kadang kita ini terlalu berlebihan … kadang yang tidak kita butuhkan ingin kita raih juga, sehingga terkadang kita lupa dengan apa kebutuhan kita yang sesungguhnya. Lebih lanjut beliau mengambil contoh tentang dirinya, yang tidak ingin melanjutkan S3, namun karena kebutuhan karena jabatan yang disandangnya kini membutuhkan seorang lulusan S3, maka beliau mengambil S3 ini.

Tersentak aku teringat dengan banyaknya buku2, ebook, yang ada di rumah, begitu banyak sampai-sampai aku tidak membaca semuanya bahkan sesaat selesai mendownload ebook tersebut. Kalo aku menyimak uraian dosenku, aku termasuk orang-orang yang berlebih-lebihan. Sedangkan kebutuhanku tidak sebegitunya…

Secara kasat mata, prinsip yang kuanut selama ini sedikit bertentangan namun bagiku keduanya sama memilki nilai kebenaran. Yang mungkin aku harus lakukan adalah membenahi prinsip dan mencoba menyusun kembali jalur hidupku sehingga target yang ingin kucapai bisa lebih aku spesifikan, sehingga tidak berlebihan dalam menentukan kebutuhanku di masa yang akan datang. Rasanya akan lebih damai jika kita memandang hidup dengan filosofi jawa ini, karena membuat orang tidak resah dan gelisah dikejar kebutuhan, terutama yang memang tidak dibutuhkan.

Bagaimanakah dengan anda?? …


Responses

  1. ..:)..setiap orang punya ‘mimpi’..dengan berusaha dan berdoa berusaha mewujudkannya…mungkin dosen sampeyan sudah mencapai semua mimpi2nya..^-^…[la sudah S3 je..^-^..untuk sampai tahap ini juga tentunya butuh ‘perjuangan’…^-^..]

  2. bener… apik iku… hehehe

  3. urip kuwi samadya wae. Setuju. Apa yg kita butuhkan itulah yg kita upayakan. Tidak sah berlebihan ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: