Posted by: greensand | March 6, 2009

Obrolan Pagi di Pinggir Jalan

Pagi, yang indah mentari nggak malu-malu menampakkan wajah cerah keemasannya. Lalu lalang kendaraan yang didominasi anak-anak sekolah yang mulai tergesa-gesa berusaha agar tidak terlambat. Arlojiku menunjukkan 6.25…

Duduk-duduk di sebuah kaki lima, pesen mie goreng, telor plus teh panas. Ternyata aku pelanggan pertama, ibu warungnya masih lom selesai menata dagangan, nasi bungkus yang biasanya sudah tertata rapi lom nampak, yang tersedia masih rokok, minuman sachet, dan gorengan. Sambil menunggu, aku menyomot pisang goreng memakannya sambil menikmati lalu lintas yang lalu lalang.

Dua orang datang, pegawai Telkom dan satunya petugas kebersihan daerah sini. Sambil menikmati gorengan, jadinya kita ngobrol bareng.

Masalah ringan, dimulai tentang penilaian Adipura untuk kota Surabaya yang dimulai hari ini. Siap-siap nih para penjual kaki lima harus diobrak.

Kabar kedua, tentang sulitnya nyari pekerjaan. Ini cerita dari si pegawai telkom, yang anaknya sudah lulus SMA. Kuusulkan kenapa nggak melanjutkan saja? ternyata anaknya sudah nggak mau sekolah lagi, ingin bekerja dan membantu orang tua, alasannya sekolah tinggi sekarang tidak menjamin dapat pekerjaan yang lebih baik.

berita-surya

Jadi teringat kemarin melewati kampus ITS, ada bursa kerja tahunan yang kali ini semakin rame saja. Dan setelah membaca harian Surya, terpampang foto antrian para pencari kerja yang berjubel, dan kebanyakan mereka aku yakin jobless. Ini para pencari yang terpantau di even ini saja, belum lagi di even-even yang lain.

Wajar, setiap tahun lulusan perguruan tinggi tentunya sangat berlimpah, dari segala jurusan namun jumlah pekerjaan yang tersedia dan dirasakan sesuai dengan keinginan pencari kerja jumlahnya sangat terbatas.

Rasanya sekarang bukan waktunya untuk mencari pekerjaan, tapi menciptakan pekerjaan. Bagaimana caranya? wah tentunya banyak sekali, ide-ide yang patut dikemukakan dan dijalankan akan banyak sekali, asal mau menggali setiap potensi yang ada.

Kembali ke warung, mie ku udah jadi. Kumulai dengan basa – basi khas jawa, “Monggo, kulo maem rumiyin”, disilahkan dengan anggukan teman ngobrolku hari ini aku mulai menikmati mie goreng plus telur sebagai sarapan pagi ini.

Obrolan kemudian mengalir ke masalah yang kedengarannya SARA, yang kutangkap intinya ada semacam kecemburuan sosial terhadap kaum minoritas yang mendominasi, khususnya di bidang ekonomi. Dimana-mana ada CHINA, ah kenyataan dan retorika yang kadang susah untuk disudahi pembahasannya.

Secara kasat nyata etnis satu ini banyak oknumnya yang diskriminatif dan menutup diri, namun banyak juga yang koar-koar ingin tidak didiskriminasikan, etnis jawa juga demikian juga kan, kalo sempat mendengar keluh kesah di kalangan grass root hal diskriminatif tentang CHINA akan selalu terdengar, tanya kenapa?

Uneg-uneg penulis, untuk masalah masalah di atas, rasanya permasalahan mendasar adalah pola pikir masyarakat kita yang harus diubah agar negara ini maju, keinginan untuk mendapatkan hasil yang instan, dengan usaha sekecil-kecilnya dan hasil yang besar harus dirubah “No Pain No Gain” Rek! Kemudian kemauan untuk berusaha sendiri harus semakin ditingkatkan. Dan jangan gengsian, banyak anak muda yang punya kemampuan untuk bertani, malah pergi ke kota untuk kerja di pabrik, padahal potensi terbesar bangsa ini ada di bidang agraris, dan industri yang mendukungnya.

Untuk pemerintah, rasanya jangan suka membebaskan import, mulai barang-barang elektronik hingga kebutuhan pokok, harusnya dibatasi bahkan untuk barang yang diproduksi lewat pabrik, di stop ato diperketat bikin aturan kalo mo jualan barang konsumsi di indonesia pabriknya donk bangun di sini! sehingga menyerap tenaga kerja dan meningkatkan daya bali masyarakat.

Ah, rasanya akan semakin panjang membahas hal-hal seperti ini, mie’nya udah abis teh juga tinggal seteguk… waktunya membayar dan back to work! he he he


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: