Posted by: greensand | May 15, 2009

Surabaya Genjot Pertumbuhan SMK pada 2011

Pembangunan Sarana Prasarana Pendidikan memang sangat perlu, tapi membangun mental agar tidak hanya menghasilkan lulusan yang hanya berharap adanya lapangan kerja, tanpa ada inisiatif untuk menciptakan lapangan kerja juga tak kalah pentingnya.

SMK dibangun begitu banyak diharapkan menghasilkan lulusan yang apabila tidak melanjutkan kuliah, masih memiliki ketrampilan, namun apabila di dalam diri lulusan hanya tertanam untuk mencari kerja, tentunya hanya akan menjadi kesia-siaan belaka, karena jumlah lapangan pekerjaan di negara ini semakin kecil saja dibandingkan dengan jumlah lulusan setiap tahunnya, jangankan lulusan sekolah tingkat SMU di mana sangat banyak jumlahnya, lulusan S1 yang notabene lebih sedikit dari lulusan SMU, masih banyak yang tidak tertampung oleh lapangan kerja di negara ini…

[ Kamis, 14 Mei 2009 ]
Surabaya Genjot Pertumbuhan SMK pada 2011

SURABAYA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya mendapat kucuran dana segar Rp 4 miliar dari pemerintah pusat. Dana itu merupakan reward bagi Surabaya yang berhasil menjadi kota vokasi. Kota ini dianggap berhasil karena mampu mengubah perbandingan SMK:SMA yang semula 30:70 pada 2007 menjadi 58:42 pada 2009.

”Perkembangan SMK di Surabaya sangat pesat. Ini adalah keberhasilan yang patut diacungi jempol,” ujar Kepala Dispendik Surabaya Sahudi.

Bertolak pada keberhasilan tersebut, Dispendik berani memasang target perbandingan SMK: SMA pada angka 70:30. Jika itu terjadi, Dispendik telah berhasil membalik keadaan hanya dalam kurun empat tahun. ”Jika peminat SMK benar-benar membeludak, kami akan membangunkan sekolah baru,” tegasnya.

Sahudi menjelaskan, kucuran dana yang didapatkan dari pemerintah pusat akan digunakan memenuhi kebutuhan SMK di Surabaya. Dana itu akan sangat membantu lantaran SMK di Surabaya gratis. Dia berharap kucuran dana tersebut bisa memacu kualitas SMK, sehingga bisa menggenjot perkembangan jumlah peminatnya pada tahun-tahun mendatang.

”Ini sangat bagus. Apalagi, lulusan SMK bisa kuliah. Kalau tidak kuliah, mereka tetap bisa punya bekal berbagai keterampilan untuk bekerja,” tegas mantan kepala SMAN 15 tersebut.

Dia menuturkan, saat ini siswa SMK di Surabaya sudah punya berbagai keterampilan yang membanggakan. Salah satunya adalah perakitan sepeda motor. Dispendik bahkan berencana menggandeng perusahaan otomotif untuk memasarkan motor yang dirakit siswa SMK tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Bambang D.H. melontarkan optimisme yang sama dengan Sahudi. Menurut dia, lulusan SMK di Surabaya banyak diminati dunia industri. Contohnya, jurusan pelayaran yang tiap tahun selalu bisa langsung bekerja. Bahkan, yang mempekerjakan mereka adalah perusahaan-perusahaan asing. ”Kami berharap SMK menjadi supplier tenaga kerja lulusan sekolah menengah,” ujarnya.

Untuk menunjukkan bahwa Surabaya punya berbagai SMK berkualitas, kemarin diadakan Pameran Surabaya Kota Vokasi. Pameran yang berlangsung hingga 15 Mei itu dibuka wali kota bersama Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Suyanto.

Dalam pameran tersebut, pengunjung bisa melihat berbagai keunggulan masing-masing SMK. Contohnya, SMKN 8 yang stannya memamerkan praktik tata rias dan body painting. Stan itu hampir-hampir tak pernah sepi pengunjung.

Di stan SMK Petra, pengunjung bisa melihat berbagai kreasi peralatan canggih. Di antaranya, sepeda motor hybrid, pencacah plastik, serta berbagai peralatan lain yang dibuat siswa. Parade seni seperti pantomim, wayang, dan karawitan bisa dilihat di stan SMKN 9. Selain itu, ada parade band SMP dan dialog interaktif tentang pendidikan. (sha/fat)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: